Resep Dan Cara Membuat Pendap, Pepes Ikan Lezat Khas Provinsi Bengkulu

Resep Aneka Makanan | Seperti halnya provinsi lain di Indonesia, Bengkulu juga memiliki makanan khas yang nikmat dan terkenal. Adapun kuliner-kuliner khas Bengkulu tersebut di antaranya yaitu Pendap, Gulai Tempoyak, dan Lepek Binti. Pendap merupakan salah satu masakan khas Bengkulu yang dikenal oleh hampir seluruh masyarakat di tiap Kabupaten di Provinsi Bengkulu, terlebih pada sekitar tahun 1990-an masakan ini pernah menjadi tema salah satu lagu dalam album lagu-lagu daerah Bengkulu.

Pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beragam seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa muda, kemudian bumbu yang sudah tercampur rata tadi diberi potongan ikan dan dibungkus menggunakan daun talas. Rasa Pendap yang pedas dan gurih dipercaya dapat meningkatkan selera makan Anda, sehingga Pendap sering dipakai sebagai lauk makan pendamping nasi. Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno, pun sangat menyukai makan ini pada saat ia menjalani masa pengasingan di Bengkulu. 

Selain hal-hal tersebut diatas dalam artikel kali ini kita juga akan mengulas mengenai resep dan cara membuat Pendap yang lezat secara praktis di rumah Anda. Berikut ulasannya :

Resep Dan Cara Membuat Pendap, Pepes Ikan Lezat Khas Provinsi Bengkulu

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Pendap :

- 4 ekor ikan kembung berukuran 400 g, yang sudah Anda bersihkan
- 2 batang daun bawang, yang sudah Anda iris-iris.
- 1 tangkai daun seledri, yang diiris-iris.
- 2 cm lengkuas secukupnya yang sudah Anda memarkan
- 1 batang serai yang sudah Anda memarkan
- 3 buah asam kandis
- 5 lembar daun mangkukan, kemudian Anda iris-iris
- 100 g kelapa yang sudah diparut, kemudian disangrai
- 300 ml santan
- 1 sendok teh garam
- Seperempat sendok teh merica bubuk
- Seperempat sendok teh gula pasir
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
- Daun pisang atau daun talas untuk membungkus

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Nah bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatan Pendap Khas Provinsi Bengkulu ini, untuk lebih lengkapnya silahkan download saja file resep Pendap yang praktis namun tetap lezat ini, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah :

File Preview :


Download Filenya Disini :


Baca Juga :


Resep Pendap yang Anda download tersebut, sangat mudah untuk Anda praktekan di rumah, sehingga ketika Anda ingin mencicipi Pendap Khas Provisi Bengkulu yang lezat, Anda hanya perlu membuatnya sediri. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Pendap, Pepes Ikan Lezat Khas Provinsi Bengkulu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel