Resep Dan Cara Membuat Pempek, Makanan Khas Palembang Yang Lezat

Resep Aneka Makanan | Mungkin kamu semua sudah tahu bahwa Pempek atau Empek-empek, merupakan salah satu jenis makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Sebenarnya tidak bisa juga dikatakan bahwa Pempek ini merupakan makanan khas Palembang, karena ternyata hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksi makanan satu ini.

Cara menyajikan Pempek biasanya ditemani dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau dalam bahasa Palembang disebut cuko. Cuko sendiri terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambahkan gula merah, cabe rawit yang sudah ditumbuk, bawang putih, dan garam.

Menurut sejarahnya sendiri, Pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau dari Negara Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II memegang kekuasaan di Kesultanan Palembang-Darussalam. Nama Empek-empek atau Pempek dipercaya berasal dari kata apek, yang merupakan sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Menurut cerita rakyat zaman dahulu, Pempek berawal ketika seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan yaitu sebuah daerah di tepian Sungai Musi, merasa prihatin melihat tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi namun belum bisa dimanfaatkan seluruhnya dengan baik, baru sekedar digoreng dan dipindang semata.

Lalu sang apek tersebut kemudian mencoba membuat inovasi baru dalam mengolah ikan. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga menghasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan keliling kota. Karena penjualnya dipanggil dengan sebutan apek, maka makanan tersebut akhirnya dikenal dengan nama Empek-empek atau Pempek. Meskipun cerita tersebut masih menimbulkan banyak perdebatan hingga saat ini.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan Belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan Belida, ikan tersebut diganti dengan ikan Gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih. Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, sepertihalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Ada juga Pempek yang berbahan jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, Parang-parang, Ekor Kuning, dan ikan Sebelah.

Nah sahabat, selain hal-hal tersebut diatas, dalam artikel kali ini kita akan membahas buat kamu sekalian mengenai resep serta cara membuat Pempek yang praktis sehingga kamu dapat membuatnya sediri di rumah. Berikut ini ulasannya.

Resep Dan Cara Membuat Pempek, Makanan Khas Palembang Yang Lezat

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Pempek :

- 300 gram ikan, kemudian dihaluskan
- ¼ sendok teh penyedap rasa
- 2 sendok teh garam
- 1 siung bawang putih, kemudian dihaluskan
- 250 mili liter air
- 125 gram tepung terigu berprotein rendah
- 2 butir telur
- 1 sendok teh gula pasir
- Telur matang untuk isi Pempek
- 200 gram tepung tapioka atau sagu.

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Nah bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatan Pempek ini, untuk selengkapnya silahkan Anda download file resep dan cara membuat Pempek yang praktis namun dengan hasil yang memuaskan pastinya, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini :

File Preview :


Download Filenya Disini :

Resep Pempek yang Anda download tersebut, pastinya sangat memudah untuk Anda praktekan sendiri di rumah. Sehingga, ketika Anda merasa ingin mengonsumsi Pempek, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari dan membelinya diluar, karena Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Pempek, Makanan Khas Palembang Yang Lezat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel