Resep Dan Cara Membuat Kue Bika Ambon, Kue Legit Dan Kenyal Asal Kota Medan

Resep Aneka Makanan | Saat mendengar nama kue Bika Ambon, mungkin hal yang pertama kamu pikirkan adalah asal makanan ini yaitu dari Ambon bukan begitu, tetapi itu merupakan hal yang keliru. Meski memiliki nama Bika Ambon, kue ini bukanlah kue yang berasal dari Ambon melainkan berasal dari kota Medan, Sumatera Utara.

Bika Ambon merupakan kue berbentuk persegi pipih berwarna kuning, yang permukaannya nampak seperti pori-pori kulit manusia sementara bagian bawahnya keras. Saat dimakan, citarasa yang begitu legit bercampur dengan sensasi kenyal di lidah, dengan aroma harum pandan yang menyengat. Bika Ambon terkenal sebagai oleh-oleh khas kota Medan, Sumatera Utara. Namun tahukah kamu mengapa mengapa kue legit berongga-rongga ini dinamakan dengan Bika Ambon?.

Nama Bika sendiri terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka, yang kemudian dimodifikasi dengan menambahkan pengembang berbahan Nira atau tuak Enau agar berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu tersebut. Sementara itu disebut Bika Ambon karena pertama kali makanan ini dijual dan popular yaitu di persimpangan Jalan Ambon, Sei Kera Medan. Diperkirakan, sebutan Bika Ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu hanya mengenal kue Bika yang diproduksi di Jalan Ambon tersebut. Penyebutan Bika Ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini. 

Bika Ambon nampaknya mulai beradaptasi mengikuti laju zamannya. Kini, Bika Ambon tidak lagi hanya berwarna kuning, namun memiliki berbagai varian warna dan rasa. Kini Bika ada yang dibuat dengan rasa pandan, durian, keju, cokelat, dan lain sebagainya.

Begitulah asal usul nama si legit dari Medan ini, lalu apakah ada resep mudah untuk membuat Bika Ambon?, jawabannya ada. Nah, dalam artikel ini kita akan bahas buat kamu sekalian mengenai resep dan cara membuat kue Bika Ambon yang lezat tetapi praktis. Berikut ini ulasannya.

Resep Dan Cara Membuat Kue Bika Ambon, Kue Legit Dan Kenyal Asal Kota Medan

Bahan-Bahan Utama Yang Harus Disiapkan :

- 300 gram Tepung Sagu 
- 100 gram Tepung Terigu yang biasa di gunakan untuk membuat roti dengan kadar protein yang sedang.
- 200 ml air kelapa yang di ambil dari kelapa muda segar
- 11 gram ragi instant untuk pengembang 
- 600 ml Santan, lebih baik gunakan santan asli dan kental.
- 15 hingga 18 butir teluraAyam, ambil kuning telurnya aja.
- 1 sendok kecil atau sendok teh vanili dan garam dapur.
- 450 gram gula pasir putih.

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Nah bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatan Kue Bika Ambon ini, untuk lebih jelasnya lagi silahkan Anda mendownload file resepnya dengan mudah secara gratis, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini :

File Preview :


Download Filenya Disini :


Baca Juga :


Resep praktis Kue Bika Ambon yang Anda download tersebut, sangat mudah untuk Anda praktekan di rumah, sehingga Anda hanya perlu membuatnya sendiri saat ingin mengonsumsinya, dengan mengikuti resep yang telah kami bagikan ini. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Kue Bika Ambon, Kue Legit Dan Kenyal Asal Kota Medan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel