Resep Dan Cara Membuat Emplod Cemilan Renyah Dan Gurih Khas Garut

Resep Aneka Makanan | Garut memiliki banyak kuliner khasnya, meskipun tidak terkenal seperti halnya Dodol, salah satu kuliner khas Kabupaten Garut ialah kue yang bernama Emplod atau bisa juga disebut Endog Lewo. Bentuk kue satu ini menyerupai telur atau dalam bahasa sunda disebut dengan endog dan terbuat dari singkong.

Asal-usul kue ini, ialah barasal dari Kampung Lewo, tepatnya di Kampung Cicadas, Desa Sukajaya, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Oleh sebab itulah maka makanan ini diberi nama Endog lewo, namun masyarakat Garut lebih mengenalnya dengan sebutan kue Emplod.

Kue ini mulai populer sejak awal tahun 1980-an. Pada mulanya pembuatan Emplod ini berasal dari keinginan masyarakat Kampung Cicadas untuk memanfaatkan singkong-singkong yang tersisa dari hasil pengolahan pabrik tepung tapioka yang berada di daerah tersebut, maka warga kampung akhirnya berinisiatif untuk mengolah singkong-singkong sisa pabrik tapioka untuk dijadikan makanan yang dapat dikonsumsi, sehingga terciptalah Emplod atau Endog Lewo ini.

Proses pembuatan Endog Lewo terbilang mudah, bahan dasarnya adalah singkong jantung atau di daerah asalnya sendiri disebut dengan sampeu jantung. Singkong ini besifat beracun apabila tidak diolah secara benar, untuk menghilangkan sifat racun tersebut maka singkong ini haruslah digiling dan setelah itu dihilangkan sari patinya dengan cara diperas selama kurang lebih 24 jam. Hal ini bertujuan agar sari pati yang mengandung racun benar-benar terbuang dan setelah itu dapat diolah menjadi Endog Lewo.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa pembuatan kue Emplod ini terbilang sangat mudah, adapun dalam pembuatan kue Emplod ini bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan adalah sebagai berikut : 

Resep Dan Cara Membuat Emplod Cemilan Renyah Dan Gurih Khas Garut

Bahan-bahan Yang Diperlukan : 

- 50 gram tepung terigu, 
- 50 gram tepung tapioka, 
- 100 gram singkong kukus yang sudah dihaluskan, 
- 25 gram margarin, 
- 25 gram tepung sagu, 
- 1/4 sendok teh garam, 
- 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk, 
- 75 gram keju cheddar parut, 
- 1 sendok teh baking powder, 
- 1 sendok makan air hangat, 
- 1 butir telur, dikocok lepas,
- Minyak yang dipergunakan untuk menggoreng.

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Nah bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatan Emplod yang praktis ini, untuk lebih lengkapnya silahkan download saja file resep dan cara membuat Emplod yang praktis, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah :

File Preview :


Download Filenya Disini :


Baca Juga :


Resep Emplod yang Anda download tersebut, sangat mudah untuk Anda praktekan di rumah, sehingga Anda dapat membuatnya sendiri dirumahmu, tatkala ingin mencoba makan Emplod. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Emplod Cemilan Renyah Dan Gurih Khas Garut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel