Resep Dan Cara Membuat Es Cendol Yang Manis Nan Menyegarkan

Resep Aneka Makanan | Cendol merupakan jenis minuman asli Indonesia, yang sangat menyegarkan dan terbuat dari tepung beras. Biasanya, Cendol ini disajikan dengan tambahan Es Serut, serta Gula Merah cair dan Santan. Rasanya manis tetapi ada sentuhan gurihnya. Di daerah Sunda atau Jawa Barat, minuman menyegarkan satu ini dikenal dengan sebutan Es Cendol, sedangkan di daerah Jawa Tengah minuman ini dikenal dengan sebutan Es Dawet. 

Terdapat sebuah kepercayaan populer, yang berkembang pada masyarakat Indonesia, bahwa istilah 'Cendol' mungkin berasal dari kata 'jendol'. Dimana merujuk pada sensasi jendolan, yang kita rasakan tatkala butiran-butiran Cendol, masuk ke mulut ketika kita meminum Es Cendol. Selain itu, kata Cendol juga kemungkinan berasa dari bahasa Thailand 'chorn dooi' yang berarti 'tolong'. 

Dalam membuat Cendol, biasanya tepung beras diolah dengan cara diberi pewarna berwarna hijau, dan di cetak melalui saringan khusus. Dan saringan inilah yang menyebabkan bentuk Cendol seperti buliran. Dulu, pewarna yang digunakan untuk mewarnai Cendol, ialah pewarna alami dari daun pandan. Namun, saat ini pewarna makanan yang digunakan kebanyakan ialah buatan. 

Nah, bagi Anda yang ingin membuat Es Cendol sendiri di rumah, maka kamu harus membaca artikel ini hingga habis. Karena pada kesempatan kali ini selain apa yang telah kita bahas di atas, kita juga akan memaparkan untuk Anda sekalian mengenai resep Es Cendol yang terbilang sangat praktis namun dengan hasil yang maksimal. Berikut ini ulasan mengenai resep dan cara membuat Es Cendol : 

Resep Dan Cara Membuat Es Cendol Yang Manis Nan Menyegarkan

Bahan Untuk Membuat Cendol :

- 75 gram Tepung Beras
- 50 gram Tepung Sagu aren/hunkwe
- 2 sendok teh Air Kapur Sirih (opsional)
- 100 ml Air Pandan (40 lembar Daun Suji dan 10 lembar Daun Pandan yang ditambah 100 ml air)
- 500 ml Air
- ¼ sdt Garam

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Nah bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatan Es Cendol ini, untuk selengkapnya silahkan Anda download file resep dan cara membuat Es Cendol yang praktis namun dengan hasil yang memuaskan, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini :

File Preview :


Download Filenya Disini :


Baca Juga :


Resep Es Cendol yang Anda download tersebut, pastinya sangat memudah untuk Anda praktekan sendiri di rumah. Sehingga, ketika Anda merasa ingin minum Es Cendol, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari dan membelinya di luar, karena Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Es Cendol Yang Manis Nan Menyegarkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel