Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun

 - Bagi penyuka kuliner khas timur tengah pastinya tidak jauh-jauh dengan materi yang namanya minyak zaitun atau sering disebut olive oil. Minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea Europaea), merupakan pohon tradisional dari tempat Basin Mediterania. Minyak yang terkenal banyak manfaatnya ini memang agak mahal dari minyak biasa sebab mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi (asam oleik dan pelifenol) yang baik untuk badan.

Dikarenakan harganya yang lumayan mahal ini lalu ada beberapa oknum yang mencoba memalsukannya demi mendapatkan keuntungan berlipat tanpa memperhatikan imbas samping dari pemalsuanya. Untuk itu kita wajib hati-hati dan wsapada dikala membelinya.  Dan berikut ini kami berikan beberapa cara untuk menguji keaslian minyak zaitun.
Minyak Zaitun
  1. Dapat dilihat dari warnanya : Di pasaran biasanya minyak zaitun ada 3 jenis yang pertama minyak zaitun sulingan warnanya kekuningan cocok untuk menumis. Yang kedua minyak zaitun murni berwarna hijau kekuningan. Yang ketiga minyak zaitun extra virgin berwarna kehijauan.
  2. Dengan cara mencicipinya : Minum sedikit minyak zaitun sambil menghirup baunya, atau mirip menyeruput, rasakan tekstur dan rasa minyak zaitun dikala berada di dalam lisan, minyak zaitun yang asli akan terasa lebih pahit, dan agak pedas, serta memiliki tekstur seperti mengandung biji bunga matahari.
  3. Dengan cara membaunya : Tarik napas dalam-dalam di bab atas gelas dan hirup aroma dari minyak zaitun, minyak zaitun yang asli memiliki aroma yang cukup menyengat, namun terkadang agak sulit untuk membedakannya alasannya adalah mempunyai aroma seperti seperti minyak sayur, tujuan melaksanakan proses ini yaitu untuk mengemulsi minyak.
  4. Dengan cara mengaduk : Siapkan satu sendok makan minyak zaitun lalu tuangkan pada gelas kaca, hangatkan minyak zaitun dengan cara menutup bagian atas gelas dengan telapak tangan, sedangkan tangan yang lain memegang bab bawah gelas. Selanjutnya goyang-goyangkan gelas seperti sedang mengaduk, hal ini di lakukan untuk melepaskan ester pada minyak zaitun.
  5. Dengan cara menelanya : Setelah merasakan rasa dan tekstur minyak zaitun, tahap selanjutnya adalah menelannya, minyak zaitun yang orisinil tidak akan meninggalkan rasa di mulut melainkan di belakang tenggorokan.
  6. Dengan cara mengosok : Letakkan satu sendok kecil minyak zaitun di telapak tangan, kemudian gosok dengan kedua tangan selama 1 menit, sesudah itu ciumlah aroma minyak zaitun. Jika anda mencicipi panas dan mencium aroma yang berpengaruh di tangan berarti minyak zaitun itu orisinil.


Dari beberapa tips diatas kita mampu mengetahui keaslian minyak zaitun yang kita beli. Silahkan praktekan cara mana yang menurut anda paling mudah. 

Semoga Bermanfaat...

0 Response to "Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel