Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya Dan Asal Nama Bakso

 Sahabat kumpulan resep makanan bakso hampir setiap orang menyukainya Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso
Foto by Mimi


Sahabat kumpulan resep masakan bakso hampir setiap orang menyukainya. Makanan yang bisa dibilang sudah merakyat ini dapat kita jumpai hampir dimanan saja. Untuk variasinya pun kini sudah cukup banyak dan dipadukan dengan banyak sekali materi lainnya. Bahkan bakso ketika ini di jadikan ikon maskanan orisinil Indonesia,. Tapi tahukah anda dari mana asal bakso dan sejarahnya masuk ke Indonesia? 

Apa Itu Bakso ?


Bakso menurut wikipedia adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.Bakso umumnya dibentuk dari gabungan daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.
Sedangkan menuruk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bakso yaitu kuliner terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk lingkaran-bulat

Sejarah Ditemukannya Bakso


Pada awal kala ke-17 tamat dinasti Ming di Fuzhou, China.  Seorang anak yang bernama Meng Bo. Meng Bo terkenal sebagai anak yang baik dan berbakti kepada ibunya. Hingga suatu hari, ibunya yang mulai bau tanah tak mampu memakan daging sebab giginya sudah mulai tidak mampu makan makanan yang sifatnya keras, mirip daging. Padahal daging adalah masakan kesukaan ibunya. Sebab itulah, Meng Bo berinisiatif membantu biar ibunya mampu makan daging yang menjadi kesukaannya. Meng Bo memikirkan bagaimana caranya mengolah daging yang keras supaya dapat dimakan oleh ibunya.

Hingga suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kudapan manis mochi. Melihat hal itu, Meng Bo eksklusif pergi ke dapur dan mengolah daging mirip cara tetangganya membuat olahan kudapan manis mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya mirip bulatan bulatan kecil supaya ibunya gampang untuk memakannya, dari aroma rebusan olahan daging itu tercium aroma yang sangat lezat. Sehingga Ibunya ingin tau dengan aroma kaldu daging yang dibuat oleh Meng Bo itu dan ingin merasakan kuliner yang memiliki aroma sedap itu.

Setelah olahan daging matang, Meng Bo menyajikan olahan tersebut kepada ibunya. Sang ibu merasa bangga alasannya adalah tak hanya enak namun gabungan tersebut gampang untuk dimakan olehnya. Tak hanya sang ibu, Meng Bo pun merasa bahagia alasannya sang ibu tercinta mampu merasakan makan daging kembali. Dan kini mereka sering memasak dan memakan bakso sebagai masakan utama mereka. Kemudian olahan daging juga dibagi-bagikan ke tetangga, dan mereka menyanyakan resep cara dan resep menciptakan olahan daging tersebut. Maka mereka menyebabkan olahan itu sebagai menu baru nereka.

Sejarah Bakso Masuk Di Indonesia


Bakso yang kita kenal dikala ini diperkenalkan oleh para pedagang china yang menetap di Indonesia namun tidak tahu tepatnya kapan.  Sejarah bakso di Indonesia mengalami perubahan pada resep asli dimana penggunaan daging babi yang memang tidak familiar di Indonesia. Sehingga pedagang tersebut menggantinya dengan daging sapi, begitu juga dengan bumbu menggunakan rempah-rempah yang cocok dengan pengecap orang Indonesia. Walau tak seperti dengan resep orisinil, namun daging bakso yang empuk tetap menjadi ciri khas masakan ini.

Asal-Usul Nama Bakso


Asal nama bakso terdiri dari dua suku kata yakni Bak dan So. Bak berarti Daging babi dan So yang berarti kuah. Sehingga dapat diartikan kuah dengan daging babi. Di dataran China, daging babi sudah biasa di kalangan penduduk. Namun, ketika memasuki daerah Indonesia, daging babi diganti dengan daging lainnya seperti daging sapi, ayam, dan ikan (seafood). Ada pula dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah Bak-So berarti “daging giling”.

Untuk jenis dan varian bakso dikala ini memang sudah berbeda dari resep aslinya. Bakso sudah banyak di modifikasi mulai dari rasa bentuk dan isiannya, tapi tetepa favorit dehh. Itulah sedikit pengetauhuan tentang bakso yang menjadi favorit masakan kita. Semoga bermanfaat

0 Response to "Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya Dan Asal Nama Bakso"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel