Resep Membuat Sambal Kluwak

 

Sambal Kluwak

Sambal kluwak ialah sambal khas dari tempat Jawa Timur. Bahan utama dari sambal ini ialah kluwak.



Kluwak atau sering disebut kluwek ialah buah dari sebuahpohon  yang besar dan memiliki tinggi rata-rata sekitar 40 meter sedangkan diameter batang mampu mencapai 2.5 meter. Pohon ini tidak ditanam melainkan tumbuh sendiri, biji dari buah yang jatuh ke tanah karenanya tumbuh dan menjadi pohon sebesar itu.

Pohon kluwak hanya ada di Indonesia, jadi apabila Anda sedang di luar negeri dan menemukan biji kluwak, mampu dipastikan itu ialah produk impor dari Indonesia,

Buah dalam biji kluwaklah yang digunakan sebagai materi sambal atau bumbu dapur. Berwarna hitam, oleh alasannya itu saat digunakan sebagai bumbu rawon akan membuat rawon berwarna hitam. Biji  kluwak tidak mampu dikonsumsi mentah karena beracun dan mengandung asam sianida konsentrasi tinggi. Jika memakan mentah biasanya timbul efek ibarat mual dan dan pusing. Tetapi jikalau sudah direndam dan kemudian direbus, kluwak menjadi materi makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Kluwak memiliki cangkang yang keras dan untuk menerima daging buahnya harus dipecah dengan ulekan atau palu. Kluwak yang cantik ialah kluwak yang berat dan koplak.
Sambal kluwak akan sangat nikmat bila dimakan dengan nasi hangat, ikan, dan lalapan hijau, silakan dicoba resep berikut ini :
Bahan :
  • 2 buah kluwak renta mentah, rendam dalam air, rebus dan ambil isinya kemudian dihaluskan
  • cabai rawit sesuai selera
  • setengah siung bawang putih
  • 1/2 cm kencur
  • garam secukupnya

Cara membuat sambal kluwak :

  1. Goreng cabai rawit dan bawang putih sebentar.
  2. Ulek semua materi hingga lembut, siap sajikan.



0 Response to "Resep Membuat Sambal Kluwak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel